Dengan Perangkat Ini Siaran TV Digital Dapat diterima melalui TV Analog

Internet Bandung –  Siaran TV Digital memang baru dapat diterima di beberapa wilayah Indonesia saja, namun demikian sebenarnya genderang bakal di alihkannya siaran tv analog ke digital sudah jauh-jauh hari di sosialisasikan dari Kementrian terkait sejak Pak Tifatul Sembiring menjabat. Apa lagi Frequensi saat ini yang di gunakan TV analog sedang diwacanakan akan dipakai untuk 4G LTE karena dianggap Frequensi ini sangat cocok untuk keadaan geografis di Indonesia

Cara Agar TV Analog bisa Menerima siaran Digital

Kebanyakan Pesawat televisi yang ada saat ini memang masih belum support untuk menerima siaran TV Digital, Jika sebelumya di Blog ini memuat Perbedaan TV Kabel dan TV Satelit ini secara teknis masih mirip, Siaran TV digital yang dipancarkan lewat TV kabel menggunakan sistem penyiaran DVB-C (Digital Video Broadcasting Cable). Siaran TV digital yang dipancarkan lewat satelit adalah DVB-S (Digital Video Broadcasting Satellite). Sedangkan Siaran TV yang dipancarkan lewat darat (tanpa parabola) adalah DVB-T (Digital Video Broadcasting Terrestial) sedangkan yang ingin kita bahas adalah DVB-T2 (Digital Video Broadcasting Terrestial Second Generation) atau dikenal juga Siaran TV Digital Terrestrial DVB-T2) merupakan standar DVB-T generasi kedua.

Seperti halnya pengguna TV kabel dan Satelit, agar menangkatp siaran TV digital Dengan Set Top Box atau STB sebagai perangkat dekoder yang berguna untuk mengatur saluran yang diterima dan memeriksa hak akses kemudian menghasilkan keluaran gambar, suara, dan lainnya.

Lalu apakah menerima siaran TV digital akan dikenakan iuran? Perangkat ini dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk menikmati siaran tv digital secara gratis dimana hanya menggunakan antena televisi UHF-VHF. Biasanya untuk menikmati siaran TV digital harus menggunakan parabola digital atau berlangganan TV kabel/kartu akses dari penyedia layanan televisi berlangganan. Namun jika menggunakan  pemancar DVB-T yang hanya mengandalkan stasiun TV memancarkan sinyal digital lewat pemancar dan kemudian diterima oleh antena UHF/VHF, dapat dikonsumsi secara GRATIS oleh consumer. sedangkan saat ini DVB-T2 adalah pengembangan lebih lanjut dari DVB-T.

DVB-T2 adalah teknologi terkini, yang dapat digunakan untuk  standar teknologi penyiaran siaran TV digital di Indonesia. Dengan DVB-T2, kita dapat menikmati siaran tv digital secara GRATISdengan gambar tajam, bening dan kualitas suara yang lebih jernih serta mempunyai kemampuan untuk memutar film dengan kualitas HD 1080p,

DVB-T2 dapat juga berfungsi sebagai media digital yang mendukung berbagai format file seperti Mp3, Mp4 dan lainnya bisa juga dijadikan layaknya DVD Player namun dukungan medianya menggunakan Slot USB.

Harga DVB-T2
Set Top Box jenis ini sudah banyak beredar di pasaran, baik di jual di toko online dan toko offline di kota Anda dengan kisaran harga 300 ribu Hingga 400ribu.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here