Orang Tua Wajib Melek Internet Harus!

Internet Bandung – Internet sebagai sumber masuknya segala informasi dari yang sifatnya baik dan buruk, Orang Tua sangat dibutuhkan dalam mengawal putra putri ketika menggunakan internet. Di era serba digital seperti sekarang terkadang sangat disayangkan sebagai orang tua malahan Gaptek (Gagap Teknologi) atau belum sepenuhmya menyadari bahayanya jika Anak-anak mereka tanpa batas mengakses internet.
Image via: ngapusilmu.web.id
Tanpa pengawasan dari orang tua bisa saja konten yang ada di dunia internet di serap oleh anak-anak tanpa filter terlebih dahulu. Memang betul di Internet kita bisa banyak belajar karena banyak sekali konten yang sangat bagus, tersedia jutaan bahkan lebih materi untuk dipelajari, disisi lain konten yang sifatnya merusak dan sepertinya “Baik” juga banyak. Disinilah peranan Orang Tua di Butuhkan.
Ketika anak masuk ke dunia maya, ancaman yang mereka temui bukan hanya konten negatif, bahkan Bullying, penjahat cyber, hingga berakibat kecanduan pada anak. Tentunya sering kita dengar adanya tindak kejahatan pada anak yang berakibat dari perkenalan di media sosial. Jangan sampai hal ini terus terjadi, dari diri kita wajib membentengi Anak-anak dari Keburukan Internet Tersebut.
Berikut Tips Pengawasan Internet yang Bisa dilakukan Orang Tua
1. Waktu adalah hal paling utama, Anda bisa memberikan jadwal untuk melakukan kegiatan Internet Hal ini di lakukan agar anak bisa memanfaatkan waktu bukan hanya bermain internet saja, berikan pengertian langsung, ada waktu untuk belajar dan ada waktu untuk main internet.2. Pengawasan secara Langsung, tempatkan media/komputer di ruang yang bisa di lihat oleh orang tua, untuk usia yang baru menginjak dewasa jangan dulu memberi perangkat dekstop ataupun laptop di kamar pribadi, berikan upaya pengertian langsung, bahwa suatu saat boleh memiliki perangkat tersebut sendiri, ini juga berlaku untuk gadget seperti Smartphone dll.

3. Jika di rumah anda memiliki fasilitas Wifi usahakan kontrol penuh ada di tangan anda misalnya pengaktifan terjadwal kapan Internet bisa di akses dan apa saja konten yang bisa di akses. Anda bisa menggunakan DNS dari DNS Nawala atau DNS Bersih

4. Memasang software proteksi dan pengawasan untuk memblokir konten tertentu (konten dewasa) hal ini sangat penting,karena tidak setiap hari kita bisa mengawasi anak secara langsung.5. Memberi saran positif secara langsung dalam media internet, melatih anak belajar korespondensi via e-mail, belajar bersama via internet , belajar online ataupun memberi wawasan menulis artikel kecil kecilan.

6. Jika Anak menggunakan media Sosial usahakan anda berteman dengan akun anak, ini berguna untuk bisa mengawasi kegiatan anak di media sosial tersebut.
7. Pengawasan Uang jajan, Pemberian Uang jajan berlebih memudahkan mereka mengakses Internet tanpa pengawasan anda misal di warnet
8. Memberikan sangsi tegas kepada anak, jika menggunakan internet di luar jam yang sudah anda sepakati, semisal menggunakan internet sampai larut malam, dengan alasan mengerjakan tugas sekolah. (padahal asyik mainan Chat)
9. Aktifkan Fitur Parental Kontrol, pada beberapa Gadget sudah di lengkapi fitur parental kontrol, anda dapat memanfaatkan fitur ini namun jika fitur tersebut belum ada bisa coba menggunakan software tambahan seperti dari Trend Micro Anti Virus.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here