Indonesia Menjadi Negara ke-4 Proyek Balon Google

balon internet google

Sepertinya Internet lemot di kepulauan dan daerah terpencil di Indonesia akan segera teratasi, pasalnya BTS terbang yang di garap Google yaitu Project Google Loon, akan segera beroperasi di tahun 2016 mendatang.

seperti di ketahui Project Google Loon akan menerbangkan balon yang berfungsi seperti BTS (base transceiver station) di ketinggian 200 kilometer di atas permukaan air laut, radius yang di hasilkan pun lebih luas di bandingkan dengan tower BTS, yaitu bisa menjangkau hingga 40km sedangkan BTS hanya dapat di kisaran 5 Kilometer.

Baca Juga : Google Kembangkan “Internet Cepat”di Indonesia

Menurut Project Leader Project Loon di Google X, Mike Cassidy, dibutuhkan ratusan balon Google untuk mencakup seluruh wilayah Indonesia. Indonesia sendiri memiliki wilayah daratan seluas kurang lebih 750.000 meter persegi. “Balon-balon itu nantinya tidak akan menetap di satu tempat, melainkan terus bergerak. Kami akan mengendalikan bila ada satu yang keluar jangkauan, langsung digantikan dengan yang lain,” ujar Cassidy, seperti yang di lansir tekno.kompas.com., Rabu (28/10/2015).

Ini berarti tidak hanya 1 balon yang akan di terbangkan di atas udara wilayah Indonesia mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Fokus layanan Project Google Loon di Indonesia akan fokus hanya untuk pengguna smartphone, sederhananya layanan ini mirip dengan akses wifi , setiap smartphone yang memiliki kemampuan akses 4G akan dapat mengakses kecepatan internet hingga 10Mbps Project ini sudah di sepakati oleh Tiga besar operator selular Indonesia yaitu Telkomsel, XL Axiata dan Indosat.

Source Image : tekno.kompas.com

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here